Gara-Gara Gayus Tambunan Keliaran, MenkumHAM akan Dipanggil DPR

Gara-Gara Gayus Tambunan Keliaran, MenkumHAM akan Dipanggil DPR
 
 
Kasus bebasnya Gayus Tambunan berkeliaran di luar tahanan dan makan siang di salah satu restoran di Jakarta beberapa waktu lalu, ternyata berbuntut panjang. Gara-gara ulah terpidana kasus korupsi yang seharusnya menjalani masa tahanan selama 30 tahun di Lapas Sukamiskin, Bandung itu, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly pun terancam akan dipanggil oleh DPR.

“Dia (MenkumHAM) pasti akan kami panggil untuk dimintai pertanggungjawabannya. Kami minta usut tuntas kasus itu, jangan sampai kejadian lagi, karena akan bisa menimbulkan rasa cemburu pada narapidana yang lain,” tegas Ketua Komisi III DPR yang membidangi masalah hukum, Aziz Syamsuddin saat berada di Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (22/9/2015), dilansir Tempo.co.

Disampaikan Aziz, kasus kaburnya Gayus Tambunan dari tahanan sudah beberapa kali terjadi. Makanya, dia tak ingin kasus seperti itu terjadi lagi, dan mengingatkan MenkumHAM agar ini jadi yang terakhir kalinya. Bahkan, dia menyebut seharusnya MenkumHAM berani memberikan garansi tidak akan ada lagi narapidana yang bebas keluar masuk penjara untuk kepentingan pribadinya.

Meski menghargai upaya MenkumHAM yang sudah memerintahkan anak buahnya untuk segera melakukan pemeriksaan, namun dia tetap meminta Direktorat Jenderal Pemasyarakatan KemenkumHAM untuk memperhatikan secara serius kasus Gayus Tambunan ini. Sedangkan soal sanksi terhadap Kepala Lapas Sukamiskin, menurut Aziz itu urusan internal KemenkumHAM.

“Soal pencabutan dan pemberhentian Kepala Lapas, itu masalah internal mereka. Tapi kalau ternyata ada apa-apa dibalik keluyuran Gayus Tambunan, maka menteri yang kita cabut,” katanya.

0 Response to "Gara-Gara Gayus Tambunan Keliaran, MenkumHAM akan Dipanggil DPR"

Posting Komentar

Komentar Kalian Berarti Bagi Saya
Jadi Silahkan Komentar